Minggu, 11 April 2010

PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

PENDAHULUAN
Hubungan dagang Indonesia dengan bangsa Persia, Arab dan Bangsa Gujarat_India, telah berlangsung sejak sekitar abad ke-7. Namun, karena pada waktu itu pengaruh kerajaan Sriwijaya dan Majapahit masih kuat dan pengaruh agama Hindu-Budha masih sangat berperan maka agama Islam yang dibawa oleh para pedagang tersebut belum menarik perhatian masyarakat Indonesia pada waktu itu.
Pudarnya pengaruh kerajaan Sriwijaya dan Majapahit menyebabkan pengaruh Islam semakin mendapat angin untuk berkembang cepat dan meluas di Indonesia, sehingga mendorong berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Proses masuknya Islam Ke Indonesia erat kaitannya dengan kegiatan perdagangan. Para Pedagang muslim besar peranannya dalam penyiaran agama Islam di Indonesia. Di samping pedagang, para ulama dari Arab, Persia dan Gujarat-India tidak kalah penting peranannya dalam pengembangan agama Islam di Indonesia.
Diantara para pedagang dan ulama ada yang menjadi penasehat raja atau bahkan ada yang menjadi menantu raja, atau setidaknya dekat dengan kaum bangsawan di Indonesia. Dengan demikian, proses penyebaran Islam semakin mudah dan cepat, karena peran dan pengaruh para bangsawan di berbagai daerah. misalnya, raja-raja dari Aceh dan Demak sangat gigih dalam menyebarkan Islam ke berbagai penjuru indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar